Sabtu, 26 Mei 2012

                                   Fenomena Bid’ah di Bulan Rajab
                                       Abu Ubaidah Al-Atsari

Memang benar, keutamaan bulan dalam (kalender hijriyah) itu bertingkat-tingkat,
begitu juga hari-harinya. Misalnya bulan Romadhon lebih utama dari semua bulan,
hari Jum'at lebih utama dari semua hari, malam Lailatul Qodar lebih utama dari semua
malam dan lain sebagainya.
Namun, harus kita fahami bersama bahwa timbangan keutamaan tersebut hanyalah
syari'at, yakni Al-Qur'an dan hadits yang shohih, bukan hadits-hadits dho'if dan
maudhu' (lemah dan palsu).
Diantara bulan Islam yang ditetapkan kemuliaannya dalam Al-Qur'an dan sunnah
adalah bulan Rojab. Namun sungguh sangat disesalkan beredarnya riwayat-riwayat
yang dho'if dan palsu seputar bulan Rojab serta amalan-amalan khusus di bulan Rojab
di tengah masyarakat kita, sehingga digunakan senjata oleh para pecandu bid'ah dalam
mempromosikan kebid'ahan-kebid'ahan ala jahiliyyah di muka bumi ini.
Dari sinilah, terasa pentingnya penjelasan secara ringkas tentang pembahasan seputar
bulan Rojab dan amalan-amalan manusia yang menodainya dengan riwayat-riwayat
yang lemah dan palsu.
Rojab, Definisi dan Keutamaannya
Rojab secara bahasa diambil dari kata "Rojaba ar-rajulu rajaban", artinya
mengagungkan dan memuliakan. Rojab adalah sebuah bulan. Dinamakan dengan Rojab
dikarenakan mereka dulu sangat mengagungkannya pada masa jahiliyah yaitu dengan
tidak menghalalkan perang di bulan tersebut. 1
Disalin dari majalah Al-Furqon Edisi 12 Th. I 1423H hal 9 - 13.
1Lihat Al-Qomus Muhith 1 / 74 dan Lisanul Arob 1 / 411, 422.
1
Tentang keutamaannya, Alloh telah ber rman,
Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Alloh adalah dua belas bulan,
dalam ketetapan Alloh di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di
antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus,
maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat
itu. (QS At-Taubah: 36).
Imam At-Thobari berkata,
Bulan itu ada dua belas, empat diantaranya merupakan bulan harom (mulia),
dimana orang-orang jahiliyah dahulu mengagungkan dan memuliakannya.
Mereka mengharomkan peperangan pada bulan tersebut hingga seandainya
ada seseorang bertemu dengan pembunuh bapaknya, dia tidak akan
menyerangnya.
Bulan empat itu adalah Rojab Mudhor, dan tiga bulan berurutan:
Dzulqo'dah, Dzulhijjah dan Muharrom. Demikianlah yang dinyatakan dalam
hadits-hadits Rasulullah. 2
Imam Bukhori meriwayatkan dalam Shohihnya (4662) dari Abu Bakroh bahwasanya
Nabi bersabda,
Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana keadaannya tatkala Alloh
menciptakan langit dan bumi, setahun ada dua belas bulan diantaranya
terdapat empat bulan harom, tiga bulan berurutan yaitu Dzulqo'dah,
Dzulhijjah, Muharrom dan Rojab Mudhor yang terletak antara Jumadil
(akhir) dan Sya'ban.
Di antara dalil yang menunjukkan bahwa bulan Rojab sangat diagungkan oleh manusia
pada masa jahiliyah adalah riwayat Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushonnaf (2 / 345)
dari Khorosyah bin Hurr, ia berkata,
Saya melihat Umar memukul tangan-tangan manusia pada bulan Rojab
agar mereka meletakkan tangan mereka di piring, kemudian beliau (Umar)
mengatakan,
Makanlah oleh kalian, karena sesungguhnya Rojab adalah bulan
yang diagungkan oleh orang-orang Jahiliyah. 3
2Lihat Jami'ul Bayan 10 / 124 - 125.
3Atsar shohih, dishohihkan oleh Ibnu Taimiyah dalam Majmu' Fatawa 25 / 291 dan Al-Albani dalam
Irwa'ul Ghalil no. 957.
2
A. Riwayat Seputar Rajab
Al-Ha zh Ibnu Hajar berkata, dalam kitabnya Tabyin 'Ajab Bima Waroda Fi Rojab
(6):
Tidak ada hadits shohih yang dapat dijadikan hujjah seputar amalan khusus
di bulan Rojab, baik puasa maupun sholat malam dan sejenisnya. Dan dalam
menegaskan hal ini, aku telah didahului oleh Al-Imam Abu Isma'il Al-Harowi
Al-ha dz. Kami meriwayatkan darinya dengan sanad shohih, demikian pula
kami meriwayatkan dari selainnya.
Al-Ha zh Ibnu Hajar juga berkata,
Hadits-hadits yang datang secara jelas seputar keutamaan Rojab atau puasa
di bulan Rojab terbagi menjadi dua, dho'if (lemah) dan maudhu' (palsu).
Al-Ha zh telah mengumpulkan hadits-hadits seputar Rojab, maka beliau mendapatkan
sebelas hadits berderajat dho'if dan dua puluh satu hadits berderajat maudhu'. Berikut
ini kami nukilkan sebagian hadits-hadits dho'if dan maudhu' tersebut:
Sesungguhnya di Surga ada sebuah sungai yang dinamakan "Rojab",
warnanya lebih putih dari susu dan rasanya lebih manis dari madu.
Barangsiapa berpuasa satu hari di bulan Rojab, niscaya Allah akan
memberinya minum dari sungai tersebut. (Hadits dho'if / lemah)
Rasulullah apabila memasuki bulan Rojab, beliau berdo'a, "Ya Allah,
berkahilah kami pada bulan Rojab dan Sya'ban dan pertemukanlah kami
dengan Romadhon." (Hadits dho'if / lemah)
Bulan Rojab adalah milik Alloh, Sya'ban adalah bulanku dan Romadhon
adalah bulan umatku. (Hadits maudhu' / palsu)
Keutamaan bulan Rojab dibandingkan semua bulan seperti keutamaan Al-
Qur'an terhadap semua dzikir. (Hadits maudhu' / palsu)
Barangsiapa berpuasa pada bulan Rojab dan sholat empat rokaat pada
bulan tersebut,... niscaya dia tidak menginggal dunia hingga melihat tempat
tinggalnya di Surga, atau diperlihatkan untuknya (Hadits maudhu' /
palsu)
Itulah sedikit contoh dari hadits-hadits dho'if dan maudhu' seputar bulan Rojab.
Sengaja kami nukil secara ringkas karena maksud kami hanya untuk dapat memberikan
syara'at dan perhatian saja, bukan membahas secara detail dan terperinci.
3
B. Sholat Roghoib
Sholat Roghoib adalah sholat yang dilaksanakan pada malam Jum'at pertama bulan
Rojab, tepatnya antara sholat maghrib dan isya' dengan didahului puasa hari Kamis,
dikerjakan dengan dua belas rakaat. Pada setiap rakaat membaca surat Al-Fatihah
sekali, surat Al-Qodar tiga kali dan surat Al-Ikhlas dua belas kali... dan seterusnya.
Sifat sholat seperti di atas tadi didukung oleh sebuah riwayat oleh sahabat Anas
bin Malik yang dibawakan secara panjang oleh Imam Ghozali (bukan Moh Ghozzali
Al-Mishri) dalam Ihya' Ulumuddin (1 / 203) dan beliau menamainya dengan "Sholat
Rojab" seraya berkata "ini adalah sholat yang disunnahkan"!!!
Demikianlah perkataannya -semoga Allah mengampuninya- padahal para pakar ahli
hadits telah bersepakat dalam satu kata bahwa hadits-hadits tentang "Sholat Roghoib"
adalah Maudhu' (palsu). Di bawah ini, penulis nukilkan sebagian komentar ulama' ahli
hadits tentangnya:
1. Imam Ibnu Jauzy berkata:
Hadits sholat Roghoib adalah palsu, didustakan atas nama Rasulullah.
Para ulama mengatakan bahwa hadits ini dibikin oleh seseorang yang
bernama Ibnu Juhaim. Dan saya mendengar syaikh (guru) kami Abdul
Wahhab Al-Ha zh mengatakan,
Para perowinya majhul (tidak dikenal), saya telah memeriksa
seluruhnya dalam setiap kitab, namun saya tidak mendapatkan-
nya. 4
2. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata:
Sholat Roghoib adalah bid'ah menurut kesepakatan para imam agama,
tidak disunnahkan oleh Rasulullah, tidak pula oleh seorangpun dari
khalifahnya serta tidak dianggap baik oleh para ulama panutan, seperti
Imam Malik, Sya 'i, Ahmad, Abu Hanifah, Sufyan Ats-Tsauri, Auza'i,
Laits dan sebagainya. Adapun hadits tentang sholat Roghoib tersebut
adalah hadits dusta, menurut kesepakatan para pakar ahli hadits. 5
3. Imam Dzahabi berkata tatkala mebceritakan biogra imam Ibnu Sholah:
4Al-Maudhu'at (2 / 124 - 125).
5Majmu' Fatawa (23 / 134)
4
Beliau (Ibnu Sholah) tergelincir dalam masalah sholat Roghoib, beliau
menguatkan dan mendukungnya padahal kebatilan hadits tersebut tidak
diragukan lagi. 6
4. Ibnu Qayyim Al-Jauziyah berkata:
Demikian pla hadits-hadits tentang sholat Roghoib pada awal malam
Jum'at bulan Rojab, seluruhnya dusta, dibuat-buat atas nama
Rasulullah. 7
5. Al-Ha dz Al-'Iroqi berkata: "hadits maudhu' (palsu)." 8
6. Al-Allamah Asy-Syaukani berkata:
Maudhu', karena para perowinya majhul. Dan inilah sholat Roghoib
yang masyhur, para pakar telah bersepakat bahwa hadits tersebut
maudhu', kepalsuannya tidak diragukan lagi, hingga orang yang baru
dalam ilmu hadits sekalipun... Berkata Al-Fairuz Abadi dalam Al-
Mukhtashor bahwa hadits tersebut maudhu' menurut kesepakatan,
demikian pula dikatakan oleh Al-Maqdisi. 9
Apabila telah jelas derajat Sholat Roghoib sebagaimana di atas, maka mengerjakannya
merupakan kebid'ahan dalam agama, yang harus diwaspadai oleh setiap insan yang
hendak meraih kebahagiaan.
Untuk menguatkan kebid'ahan sholat Roghoib ini, penulis nukilkan perkataan dua
imam masyhur di kalangan madzhab Sya 'i yaitu Imam Nawawi dan Imam Suyuthi -
semoga Allah merahmati keduanya.
Imam Nawawi berkata,
Sholat yang dikenal dengan Sholat Roghoib, dua belas rakaat antara
Maghrib dan Isya' awal malam Jum'at bulan Rojab dan sholat Nisfu
Sya'ban seratus rakaat, termasuk bid'ah mungkar dan jelek. Janganlah
tertipu dengan disebutkannya kedua sholat tersebut dalam Qutul Qulub
dan Ihya' Ulumuddin (karya Al-Ghozali) dan jangan tertipu [ula oleh hadits
6Siyar A'lam Nubala' (23 / 142 - 143)
7Al-Manar Munir (no. 167)
8Takhrij Ihya' (1 / 203)
9Al-Fawaidul Majmu'ah (47 - 48)
5
yang termaktub pada kedua kitab tersebut. Sebab, seluruhnya merupakan
kebatilan. 10
Imam Suyuthi berkata,
Ketahuilah -semoga Allah merahmatimu- bahwa mengagungkan hari dan
malam ini (Rojab) merupakan perkara yang diada-adakan dalam Islam, yang
bermula setelah 400H.
Memang ada riwayat yang mendukungnya, namun haditsnya maudhu'
(palsu) dengan kesepakatan para ulama', riwayat tersebut intinya tentang
keutamaan puasa dan sholat pada bulan Rojab yang dinamai dengan Sholat
Roghoib.
Menurut para pakar, dilarang mengkhususkan bulan ini (Rojab) dengan
puasa dan sholat bid'ah (sholat Roghoib) serta segala jenis pengagungan
terhadap bulan ini seperti membuat makanan, menampakkan perhiasan dan
sejenisnya. Supaya bulan ini tidak ada bedanya seperti bulan-bulan lainnya.
11
Kesimpulannya, riwayat tentang Sholat Roghoib adalah maudhu' (palsu) dengan
kesepakatan para pakar ahli hadits. Oleh karena itu, beribadah dengan hadits palsu
merupakan kebid'ahan dalam agama, apalagi sholat Roghoib ini baru dikenal mulai
tahun 448H.
C. Perayaan Isra’ Mi’raj
Setiap tanggal 27 Rojab, perayaan Isro' Mi'roj sudah merupakan sesuatu yang tidak
dapat terlupakan di masyarakat kita sekarang. Bahkan, hari tersebut menjadi hari libur
nasional. Oleh karena itu, mari kita mempelajari masalah ini dari dua tinjauan.
1. Tinjauan Sejarah Munculnya Perayaan Isro' Mi'roj
Dalam tinjauan sejarah waktu terjadinya Isro' Mi'roj masih diperdebatkan oleh
para ulama. Jangankan tanggalnya, bulannya saja masih diperselisihkan hingga
kini. Al-ha zh Ibnu Hajar Al-Atsqolani memaparkan perselisihan tersebut dalam
kitabnya, Fathul Bari (7 / 203) hingga mencapai lebih dari sepuluh pendapat!
10Al-Majmu' Syarh Muhadzab (3 / 549)
11Al-Amru Bil Ittiba' hal. 166 - 167.
6
Ada yang berpendapat bahwa Isro' Mi'roj terjadi pada bulan Romadhon, Syawal,
Robi'ul Awal, Robi'ul Akhir ... dan seterusnya.
Al-Imam Ibnu Katsir menyebutkan dari Zuhri dan 'Urwah bahwa Isro' Mi'roj
terjadi setahun sebelum keluarnya Nabi ke kota Madinah yaitu bulan Robi'ul Awal,
adapun pendapat Suddi, waktunya adalah enam belas bulan sebelum hijroh, yaitu
bulan Dzulqo'dah.
Al-Ha dz Abful Ghoni bin Surur Al-Maqdisi membawakan dalam sirohnya hadits
yang tidak shohih sanadnya tentang waktu isro' mi'roj pada tanggal 27 Rojab.
Dan sebagian manusia menyangka bahwa isro' mi'roj terjadi pada hari Jum'at
pertama bulan Rojab, yaitu malam Roghoib yang ditunaikan pada waktu tersebut
sebuah sholat masyhur, tetapi tidak ada asalnya. 12
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, -sebagaimana dinukil oleh muridnya, Ibnul
Qayyim Al-Jauziyah-,
Tidak ada dalil shohih yang menetapkan bulan maupun tanggalnya, seluruh
nukilan tersebut munqothi' (terputus) dan berbeda-beda. 13
Bahkan Imam Abu Syamah menegaskan,
Sebagian tukang cerita menyebutkan bahwa Isro' Mi'roj terjadi pada bulan Rojab,
hal itu menurut ahli hadits merupakan kedustaan yang amat nyata. 14
Dari perkataan para ulama' di atas dapat disimpulkan bahwa Isro' Mi'roj
merupakan malam yang agung, namun tidak diketahui waktunya. Agar pembaca
memahami masalah ini, dengan mudah saya katakan,
Ada sebagian ibadah yang berkaitan erat dengan waktu, kita tidak boleh
melangkahinya seperti sholat lima waktu. Ada sebagian ibadah lainnya, Allah
menyembunyikan waktunya dan memerintahkan kepada kita untuk berlomba-
lomba mencarinya seperti malam Lailatul Qodar. Dan sebagian waktu yang mulia
derajatnya di sisi Allah dan tidak ada ibadah khusus (seperti sholat dan puasa)
untuknya, oleh karena itu Allah menyembunyikan waktunya, seperti malam Isro'
Mi'roj. 15
2. Tinjauan Syari'at
12Al-Bidayah Wa Nihayah (3 / 108 - 109)
13Zadul Ma'ad (1 / 57)
14Al-Baaits, hal. 171.
15Lihat majalah At-Tauhid, Mesir, hal. 9 edisi 7 th. 28, Rojab 1420H.
7
Ditinjau dari segi syari'at, kalau toh memang benar bahwa Isro' Mi'roj terjadi
pada 27 Rojab, namun kalau kemudian waktu tersebut dijadikan sebagai
malam perayaan dengan pembacaan kisah-kisah palsu tentang Isro' Mi'roj, maka
seseorang yang tidak mengikuti hawa nafsunya, tidak akan ragu bahwa hal tersebut
termasuk perkara bid'ah dalam Islam. Sebab, perayaan tersebut tidaklah dikenal
di masa sahabat, tabi'in dan para pengikut setia mereka.
Islam hanya memiliki tiga hari raya; yakni Idhul Fitri, Idhul Adha setiap satu
tahun, dan hari Jum'at setiap satu minggu. Selain tiga ini, tidak termasuk agama
Islam secuilpun. 16
Ibnu Hajj berkata, "Termasuk perkara bid'ah yang diada-adakan oleh orang-orang
pada malam 27 Rojab adalah ..." Kemudian beliau menyebutkan beberapa contoh
bid'ah pada malam tersebut seperti kumpul-kumpul di masjid, ikhthilath (campur
baur antara laki-laki dengan perempuan), menyalakan lilin dan pelita; beliau juga
menyebutkan perayaan malam Isro' Mi'roj termasuk perayaan yang dinasabkan
kepada agama, padahal bukan darinya. 17
Ibnu Nuhas berkata,
Sesungguhnya perayaan malam ini (Isro' Mi'roj) merupakan kebid'ahan
besar dalam agama yang diada-adakan oleh saudara-saudara syetan. 18
Penulis kitab As-Sunan wal Mubtada'at, Muhammad bin Ahmad As Sya 'i (murid
Syaikh Rosyid Ridho) hal 127 menegaskan,
Pembacaan kisah Mi'roj dan perayaan malam 27 Rojab merupakan
perkara bid'ah... Dan kisah Mi'roj yang disandarkan kepada Ibnu Abbas,
seluruhnya adalah kebatilan dan kesesatan. Tidak ada yang shohih
kecuali beberapa huruf saja.
Demikian pula dengan kisah Ibnu Shulthon, seorang penghambur yang
tidak pernah sholat kecuali di bulan Rojab saja, namun tatkala hendak
meninggal dunia, terlihat padanya tanda-tanda kebaikan sehingga ketika
Rasulullah ditanya perihalnya, beliau menjawab,
16Lihat At-Tamassuk bis Sunnah Nabawiyah (33 - 34) oleh Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-
Utsaimin.
17Al-Madkhol: 1 / 294 - 298 dinukil dari Al-Bida' Al-Hauliyah hal. 275 - 276 oleh Syaikh Abdullah
bin Abdul Aziz At-Tuwaijiri.
18Tanbih Al-Gho lin, (379 - 380)
8
Sesungguhnya dia telah bersungguh-sungguh dan berdo'a pada
bulan Rojab.
Semua ini merupakan kedustaan dan kebohongan. haram hukumnya membacakan
dan melariskan riwayatnya kecuali untuk menjelaskan kedustaannya. Sungguh
sangat mengherankan kami, tatkala para jebolan Azhar membacakan kisah-kisah
palsu seperti ini kepada manusia.
Samahatus Syaikh Abdul Aziz bin Baz berkata,
Malam Isro' Mi'roj tidak diketahui waktu terjadinya. Karena seluruh
riwayat tentangnya tidak ada yang shohih menurut para pakar ilmu
hadits. Di sisi Alloh-lah hikmah dibalik semua ini.
Kalaulah memang diketahui waktunya, tetapi tidak boleh bagi kaum
muslimin untuk mengkhususkannya dengan ibadah dan perayaan.
Karena hal itu tidak pernah dilakukan oleh Nabi dan para sahabatnya.
Seandainya disyari'atkan, pastilah Nabi menjelaskannya kepada umat,
baik dengan perkataan maupun dengan perbuatan...
Kemudian beliau berkata,
Dengan penjelasan para ulama beserta dalil-dalil dari Al-Qur'an dan
hadits di atas sudah cukup bagi para pencari kebenaran untuk
mengingkari bid'ah malam Isro' Mi'roj yang memang bukan dari Islam
secuilpun...
Sungguh amat menyedihkan, tatkala bid'ah ini meruyak segala penjuru
negeri Islam, sehingga diyakini oleh sebagian orang bahwa perayaan
tersebut merupakan Agama.
Kita berdo'a kepada Alloh agar memperbaiki keadaan kaum muslimin
semuanya dan memberi karunia kepada mereka berupa ilmu agama dan
tau q serta istiqomah di atas kebenaran. 19
D. Mengkhususkan Puasa di Bulan Rojab
Termasuk perkara bid'ah di bulan Rojab adalah mengkhususkan puasa bulan Rojab,
karena tidak ada hadits shohih yang mendukungnya.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata,
19At-Tahdzir Minal Bida', hal. 9 oleh Syaikh Ibnu Baz.
9
Adapun mengkhususkan puasa di bulan Rojab, maka seluruh haditsnya
adalah lemah dan palsu, ahli ilmu tidak menjadikannya sebagai sandaran
sedikitpun. 20
Imam Suyuthi berkata,
Mengkhususkan bulan Rojab dengan puasa adalah dibenci. Sya 'i berkata,
Aku membenci bila seseorang menyempurnakan puasa sebulan
penuh seperti puasa Romadhon, dimikian pula mengkhususkan
suatu hari di hari-hari lainnya.
Dan Imam Abdullah Al-Anshori -seorang ulama dari Khurosan- tidak
berpuasa bulan Rojab bahkan melarangnya seraya berkata,
Tidak satu hadits pun shohih dari Rosululloh tentang keutamaan
bulan Rojab dan puasa Rojab.
Bila dikatakan, Bukankah puasa termasuk ibadah dan kebaikan?" Jawabnya,
"Benar. Tapi ibadah harus berdasarkan contoh dari Rosululloh. Apabila
diketahui hadits-nya dusta, berarti tidak termasuk syari'at."
Bulan Rojab diagung-agungkan oleh Bani Mudhor di masa jahiliyah
sebagaimana dikatakan Umar bin Khoththob. Bahkan beliau memukul
tangan orang-orang yang berpuasa di bulan Rojab.
Demikian pula Ibnu Abbas apabila melihat manusia berpuasa Rojab, beliau
membencinya seraya berkata, "Berbukalah kalian, sesungguhnya Rojab
adalah bulan yang diagungkan oleh ahli jahiliyah." 21
Imam Thurthusi mengatakan -setelah membawakan atsar-atsar di atas,
Atsar-atsar ini menunjukkan bahwa pengagungan manusia terhadap Rojab
sekarang ini, merupakan sisa-sisa peninggalan zaman jahiliyah dahulu.
Kesimpulannya, berpuasa di bulan Rojab adalah dibenci dan apabila seorang
berpuasa dalam keadaan yang aman, yaitu bila manusia telah mengetahuinya
20Majmu' Fatawa 25 / 290.
21Al-Mushonnaf Ibnu Abi Syaibah 2 / 346. Lihat pula Al-Amru Bil Ittiba', hal. 174 - 176 oleh
Imam Suyuthi, di tahqiq oleh Syaikh Mashur bin Hasan Salman.
10
dan tidak menganggapnya wajib atau sunnah, maka hukumnya tidak apa-
apa. 22
Kesimpulan dari perkataan para ulama' di atas: tidak boleh mengkhususkan puasa di
bulan Rojab sebagai pengagungan terhadapnya. Sedangkan apabila seseorang telah
bterbiasa / rutin berpuasa sunnah (puasa Daud atau Senin Kamis misalnya, baik
di bulan Rojab maupun tidak) dan tidak beranggapan sebagaimana anggapan salah
masyarakat awam sekitarnya, maka ini diperbolehkan.
E. Sembelihan Rojab
Termasuk adat Jahiliyah dahulu adalah menyembelih hewan di bulan Rojab
sebagai pengagungan terhadapnya, disebabkan Rojab merupakan awal bulan harom
sebagaimana dikatakan Imam Tirmidzi dalam Sunan-nya (4 / 496).
Tatkala Islam datang, secara tegas telah membatalkan acara sembelihan Rojab serta
mengharomkannya sebagaimana dijelaskan dalam hadits-hadits Rosulullah, diantaranya,
Dari Abu Huroiroh ia berkata, Rosululloh bersabda, "Tidak ada Faro' dan 'Athiroh."
23
Dalam riwayat lainnya dengan lafadz "larangan", Rosululloh melarang dari Faro' dan
'Athiroh. 24
Dalam riwayat Imam Ahmad dalam Musnadnya (2 / 229) dengan lafadz, "Tidak ada
'Athiroh dan Faro' dalam Islam."
Berkata Abu 'Ubaid -seorang ulama pakar bahasa-,
'Athiroh adalah sembelihan yang biasa dilakukan di masa jahiliyah pada
bulan Rojab untuk taqorrub (mendekatkan diri) kepada patung-patung
mereka. 25
Abu Daud juga berkata,
Faro' adalah unta yang disembelih oleh orang-orang jahiliyah yang
diperuntukkan bagi tuhan-tuhan, kemudian mereka makan, lalu kulitnya
22Lihat Al-Hawadits Wal Bida', hal. 141 - 142, tahqiq Syaikh Ali Al-Halabi.
23HR. Bukhori 5473, 5474; Muslim 1976; Abu Dawud 2831; Tirmidzi 1512; Nasa'i 4219 dan
Ibnu Majah 3168.
24HR. Nasa'i 4220; Ahmad 2 / 409 dan Al-Isma'ily sebagaimana dalam Fathul Bari 8 / 596.
25Fathul Bari 8 / 598, oleh Ibnu Hajar.
11
dilemparkan ke pohon. Adapun 'Athiroh adalah sembelihan pada sepuluh
hari pertama bulan Rojab. 26
26Lihat 'Aunul Ma'bud 7 / 341, 8 / 24 oleh Abu Abdir Rohman Syaroful Haq Azhim Abadi -bukan
Syamsul Haq Adzim Abadi sebagaimana tertulis dalam sampul kitab.
12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar